Minggu, 15 Maret 2009

Tak Nyata

Retorika Tentang yang “Tak Nyata”


weh, ada yang wisuda nich.. selamat yach!

“Thanks ni sapa ya?”


“your prend.. No_real”

“Oh, nona ^_^ maap, no. nona ilang.. thanks skali lagi.. ternyata lama juga ya dengerin sambutan2.”


“luar biasa, banyak banget orang. Strez aq.. ga nemu sopo2.. ditunggu ya makan2nya yo!”

“Emang kau lagi nunggu sapa? Jangan bilang lagi nyari aku.. hahahaha… makan2nya dipertimbangkan dulu.. hehehe.”


“hu.. dasar! Sepu2q juga wisuda”

“Ya kan sapa tau.. wkkeke. Dah ketemu?”


“mutung, balik ke apotek”

“Sabar ya non, orang sabar disayang Tuhan.. ^_^, entar juga dihubungi buat makan2nya kok.”


“wue..ke..ke.., g wajib kok.. nyante aja, tapi kalo mo diadain yo gpp.”

“Weh, aku tadi ngomongin ademu yang ga bisa ditemuin.. kalo makan2ku.. wah ril, gol kita kan dah irit banget, perempuannya tinggal kamu loh.”


“iya, aq baru sadar pas buka sand item.. tp why not,? Ha..ha.. kan masih ada aan, mufit.”

“Hahahaha, iy sih, tapi ga enak kalo acara makan2nya sampe ngerusak diet kamu ril.. huakakaka.”


Dan obrolan pun berhenti sampe disitu. Tak ada kata sambuangan yang mungkin membuat obrolan itu bisa lebih kunikmati. Sebenernya ni orang yang paling pengen tak ajak ngobrol lama or bertukar pesan singkat setiap hari. Sayang, susahnya minta ampun, mungkin bisa disebut keajaiban kalo pesen pendek yang tak kirim ke dia bisa dibales. Hahahaha


Tapi, begitulah dia, mahluk yang paling bikin aku penasaran. Kadang kalo pun pesan singkat (sms) yang tak kirim kedia dibales, ya Allah singkat dan datar banget, ga da kesan sama sekali. Tapi karena udah agak biasa, ya udah tak anggep inilah realitasnya. Memang begitulah dia, dan akupun ga punya hak sama sekali buat ngatur ni perempuan, wong aku bukan “mahramnya”. Yang pasti kalo aku punya ikatan ‘itu’, alhamdulilah banget, berarti aku ni masuk kategori beruntung. Wkekeke. Sayangnya tiap liat ni perempuan, entah di apotek itu, didepan gedung rektorat atau saat ia bisa kulihat jelas di rumah itu (pos KKN). Sama seperti melihat seseorang dari balik es, keliatan tapi buram, maklum ga semua yang bisa ku liat didirinya itu bisa ku pahami pula.


Dia, yang sedang dan ada dimana. Dan sedang merindukan sapa (beruntung banget bisa dirindu ma ni perempuan), Hahaha.


Oy, ada satu cerita. Selama 2 taun aku kenal ni perempuan, cuman sekali aku nelpon dia. 9 menit 47 detik, itu juga cuman bahas rencana makan2ku. Pokoknya Nauzubillah datarnya, sampe ngomong SKCK aja blibet ga ketulungan. Sebenernya itu bukan pertama kali aku niatin nelpon dia, cuman telpon2 sebelumnya (pas punya niat) no, hp’y ga aktip, padahal waktu itu udah punya niat ampe 24 karat, sayangnya ga lagi jodoh.. di coba besoknya?? Ga!! Niatku udah turun total, tinggal 1 karat tok….


Tapi aku masih bisa bayangin suaranya yang cempreng itu, ditambah lagi kalo lagi crewet… Ghahahaha


Oy, waktu nelpon yang cuman sekali-kalinya itu, waktu kami lagi mbahas kapan enaknya acara makan2ku digelar. Aku punya niatnya si senen, biar bisa cepet pulang kampung. Sayangnya dia ga bisa, trus dia nawarin “kalo selasa gimana?” hohohoh, langsung tak ACC. Yup, selasa jam 4 sore. Maklum aja aku udah lama ga liat ni perempuan dari jarak yang sangat dekat. Terakhir yang sangat dekat itu akhir bulan Agustus 2008, tapi pulangnya moodku jelek total. Maklum waktu kami nongkrong dirumah yang dulunya pos kami, ada bahasan yang merusak suasana..


“mba, kapan nikah?”

“insya Allah taun depan, kalo ada jodoh”


Glubrak, aku SHocKKKKKKK 100%

Moodku berantakan sampe beberapa hari setelah itu. Sampe ga sadar kalo aku mulai gentian curhat ma temen prensterku. Wkekeke


Kembali ke cerita penjamuan terakhir..

Tanggal 4 November 2008, saat itulah terakhir kalinya aku liat ni perempuan. Dia yang kala itu memakai jilbab serba putih, huhuhu cantiknya Tuhan. Apalagi kalo dia lagi senyum, ditambah wajahnya kalo lagi kesipu malu.. hahahaha


“Tuhan apa yang Engkau pikirkan saat menciptakanya?”


Hehehe, itulah bentuk kekagumanku ke itu perempuan..

Kalo diingret2 aku pernah sekali ga bisa ngomong sama sekali, atau bahasa modern’y Spechless. Kejadianya si sederhana banget. Hari itu di tempat KKN kami ada acara posyandu, nah hari itu entah kesambet Malaikat atau Setan, yang jelas hari itu aku bangun pagi aja, malah bisa dibilang shubuh. Jadi otomatis pas nyampe di tempat KKN, aku udah kelewat ngantuk. Waktu ngantuk itu aku ngobrol ma temenku, ya panggil aja namanya Po’OH. Pas aku ngobrol ma dia, tu perempuan berjilbab dateng, trus berdiri didepan kami. Maksud hati si perempuan seh mo ngeliatin bubur buat balita yang kami jaga. Nah pada saat yang tak terduga itulah temenku itu ngomong sesuatu, matanya sih kearah aku.. tapi yang jadi kasus itu maksud kalimatnya..


“den, katanya ada yang mo diomongin?”


Glubrag, aku kaget, yang tadinya ngantuk jadi melek. Pa lagi tu perempuan berjilbab langsung ngeliat ke aku sambil senyum.. pokonya aku ga bisa ngomong apa-apa, total diemnya.. dan aku juga cuman bisa senyum aja ngeliat tu perempuan.. hahaha, PARAH.


Kalo ada yang penasaran kenapa dia reflek ngeliat ke aku trus senyum waktu denger tu kalimat.. Ya gimana lagi, wong dia udah tau kalo aku ngfans ma dia.. wkakakaka, menyedihkan..


Cerita terakhir..

Eh, apa ya?

Oy ada satu lagi pertemuan kami. Ini kejadinya di apotek UII. Waktu itu dia lagi PKL. Tanggal 11 Juni 2008 jam 3 sore (hehehe, lengkap bener). Aku ketemu ma dia dan ngobrol. Ya Allah antara seneng kecampur grogi, maklum aja udah setengah taun lebih aku ga liat ni perempuan Islamic Canter(ini istilah yang aku ma temen kost’ku pake buat nyebutin perempuan berjilbab panjang). Omonganku ke dia berantakan total, dan saking groginya waktu mo balik, masukin kunci motor aja ga masuk-masuk, malah salah lubang segala lagi. (buat cerita ini, temenku sampe ketawa ngakak dengernya). Nah malemnya aku ga tidur2, pokoknya kaya orang bingung, cuman duduk2 di balkon kostanku yang 2 lantai itu, cuman mandangin bintang sambil berandai-andai.. hahaha


Nah saat itulah temenku dateng, yang sekitar 2 minggu sebelumnya baru aja pendadaran. Dia ini temen akrabku, maklum kami udah kenal dari jaman TK, cuman SMP aja kami pisah. Dia ini tau banget kalo aku lagi mikir, apalagi kalo aku pasang wajah orang bingung segala. Dan tanpa sungkan dia langsung neter aku ma pertannyaan2, sampe akhirnya aku “nguap” tentang pertemuanku ma idola masa laluku. Setelah selesai cerita panjang dan tentu saja lebar, dia ngakak, ketawa terus.. dan tanpa sungkan dia nawarin ke aku sebuah ide..


“Priben den, lamun isun gawa boca2 kost marani apotek.. trus sekalian gawa spanduk atawa poster? Tenang gratis, demi cinta’e batur..”


Dia ngomongnya pake basa carbon nan kasar, maklum aja kami ga tau basa cerbon alus, yang artinya..


“Gimana den, kalo saya bawa anak2 kost ke apotek. Trus sekalian bawa spanduk atau poster? Tenang gratis, demi cintanya temen.”


Hehehe, aku cuman ketawa he..he..he.. denger saran temenku itu, maklum ide gituan ga menarik buat tak lakuin. Apalagi kalo emang mo tak lakuin, ga enak ma tu perempuan. Jadi ide itu cuman jadi wacana angin lalu saja. Apalagi aku ini bukan tipe orang yang sangat nekat, malah cenderung pengecut. Ya kalo ngutip dialog dari pilm Indonesia yang punya judul Claudia / Jasmine..


“cowo ganteng, baik, perhatian, bukan homo dan ga punya anak itu cenderung pengecut”

(aku ga bilang kalo aku orangnya baik, terlebih lagi perhatian.. aku cuman ngutip itu dialog)


Demikianlah kisahku, sebenernya sekarang lagi bikin resolusi 2009, taun ini niatnya udah kerja (dan alhamdulillah sekarang dah kerja), maklum buat modal ngelamar anak orang.. apalagi kalo waktu dirasa udah injury time.. hehehehe. Aku ga tau sebenernya sapa yang mo tak jadiin pendamping hidupku, atau bahasa sentimentilnya “rusukku yang tlah lama hilang”. Kalo beringin si banyak, misalnya si Mariana Renata (wah sayangnya setelah kami putus, dia ga mau balik ke Indonesia), Zaskya Mecca ( kalo yang ini kalah cepet ma Hanung B), Revalina S Temat (ini lagi cinta banget ba si Ringgo), Sandra Dewi (kalo yang ini, ga enak ngerusak mimpi temen sendiri), Efranda (uhh, kapan ya ada jodoh ketemu dia, pi2nya itu loh lucu pengen nyubit), Gita Gutawa (wah kelamaan nungguin dia gede) N sapa lagi ya??.. Wkakakaka.


Nah, kalo dia.. wah ga tau sama sekali.. bulan mei depan, waktu umur kami nambah satu lagi, entah udah ada yang ngajuin proposal lamaran belum ke dia. Kalo udah dan proposalnya dia ACC, ya bakalan sering aku nyanyiin lagu GIGI Bertepuk Sebelah Tangan”.. Huakakaka


Gini bunyi Liriknya:

Jalan yang panjang kulalui,

Hanya untuk saling bertemu,

Coba kuingatkan kembali,

Betapa sayangnya ku padamu.

Hanya saja kau tak tau itu..

Ini kulakukan untukku,

Karena kumemang jatuh hati,

Pada dirimu sang kekasih,

Sungguh memang kujatuh hati.

Hanya, saja, kau tak tau itu.

Reff: Kemarau kulalui,

Hujan pun kulalui,

Hanya untuk dirimu,

Yang sudah di punyai…


Inilah kisahku, sangat orisinil, mungkin malah tak menyentuh hati sama sekali. Namun aku suka menertawai kebodohanku.. makanya ga tak bikin kaya tulisan2ku sebelumnya, yang cenderung sentimentil dan melodramatis… wkekeke


Kalimat terakhirrrrrrrrr……………….

“Aku hanya terlalu jauh, untuk mendatangi tempat dimana ia berada, karena ia ada di seberang ilusiku yang terjauh”.. wkekekeke, pembenaran lagi.

Tapi ada tulisan sederhana buat dia…..


Titik Nol

selintas
sesekali engkau datang
sesekali pula engkau tersenyum
namun sekejap pula
sedih itu datang
entah dari mana arahnya
hanya kurasa ingin menangis

terlalu
sepertinya aku terlalu bermimpi tentangmu
dengan adanya cinta itu
aku mengadakan engkau dalam diriku
setiap detak jantungmu kudengar..
sungguh betapa besar,
engkau ada dalam hatiku

ahh,
kurasa tak lagi mampu menunggu,
menunggumu menatapku seperti dulu
karena hari tak lagi sama
jauh, engkau telah melangkah pergi

maaf..
jika sampai akhir
aku tak berani berkata..

Tidak ada komentar: