Minggu, 15 Maret 2009

Center

Islamic Center, The mean Of..


Ini istilah yang aku ma temenku pake buat nyebutin perempuan berjilbab panjang. Yang punya ide buat ngasih nama ginian itu si Febri, temen kostku selama 6 taun di Jogja. Kalo soal dari mana datangnya ilham itu, aku ga tau jelas, yang bisa tak omongin cuman ni orang sering banget dengerin ceritaku tentang temen KKN’ku jaman dulu kala. Dia ni sering banget denger aku cerita macem2, tapi yang terbanyak itu masalah idolaku itu, kalo pun ada bahasan yang sama banyaknya cuman tentang tim sepak bola favotrit kami Juventus.


Awalnya dia juga ga ngeh banget ma ceritaku, mungkin malah udah kelewat bosen. Tapi dasarnya dia ini sahabat sejati makanya dia ni sabar banget. Dan pada suatu kala, yang entah itu taun berapa, yang jelas dia cerita waktu lagi maen Futsal di depan kampus Psikologi UII, dia ngeliat perempuan cantik, jilbabnya lumayan panjang (aku ga tau standar kami ini sebenernya sama ga buat nerangin yang disebut panjang itu kaya gimana). Dia bilang kalo tadi sore itu dia ngeliat perempuan Islamic Center yang sangat memesonakan. Huhuhu, akhirnya selama kenal dia, baru kali itu dia bilang terpesona ma perempuan.


Waktu dia bilang istilah itu, aku ga ngeh banget, trus aku nanya “Islamic center, maksudnya?” maklum yang aku tau istilah itu tuh buat nyebutin suatu lembaga yang menyediakan forum untuk lebih mengerti tentang Islam. Makanya agak ga nyambung waktu dia bilang kalo sore tadi baru ngeliat perempuan Islamic Center. Tapi setelah dia jelasin, aku ketawa ngakak, maklum aja lucu. Yap, jadilah istilah itu kami pake buat nyebutin perempuan yang make jilbabnya “megar”. Hahaha


Kalo bisa dibilang, sedikit banget aku ngeliat perempuan kaya gini, biar kampusku itu masuk kategori kampus Islam, tapi yang tak liat disana itu kumpulan orang modis yang sangat paham dengan namanya perkembangan jaman. Tapi itu ga cuman ada di kampusku, maklum aja kata “Jilbab” udah menjadi tran mark tersendiri dalam dunia fashion Indonesia, biar dalam penerapanya agak ga nyambung ma buku yang pernah tak baca, atau forum2 yang bahas tentang “jilbab”. Hohohoho.


Kembali ke topik awal. Ya, kami masih make istilah itu ampe sekarang. Apalagi istilah itu makin melekat erat kalo dirasa ada yang mengingatkan kita terus akan istilah itu. Wong gimana lagi, pernah punya idola yang kaya gitu, pastilah secara otomatis otak kita menjadi apal banget ma lafaz “Islamic Center”.


Ada kerjaan kami yang paling penganguran sebenernya, aku sering ngajak si Febry buat nongkrong di perpus pusat kampus kami, aku bilang si “sapa tau ada bidadari lewat”. Maklum kalo aku lagi suntuk, enakan ngurak2 buku yang ada di perpus, dan kalo waktu lagi nyari buku ngeliat perempuan cantik ya anggep aja itu bonus. Hehehe. Aku lupa juga itu kira2 bulan apa, yang pasti hari itu aku ma Febry nongkrong di perpus, dan tanpa sengaja kami ngeliat perempuan yang jilbabnya lumayan “megar”, tapi Subhanallah cantik dan lembut, kalo kata si Febry “dalam diam pun terasa seperti tersenyum”. (Wkekeke, akhirnya jiwa sentimentilku nular juga ke dia). Waktu itu aku ma dia sangat terpesona, ngeliat perempuan berjilbab warna merah terang (itu, mirip warna salah satu parte terkenal di Indonesia). Yang bikin nistanya tuh, kami punya ide buat ngikutin itu perempuan (dia mo masuk k’ruang internet di perpus), biar lebih jelas ngeliatnya, karena tadi kami ngeliat dari jarak yang lumayan jauh. Tapi dibatalin, Hahaha.


Oy, aku punya cerita tentang Islamic Center juga. Awal cerita ini datang dari ketidaksengajaan. Hari itu rencananya aku mo ngadep dosen pembimbing TA’ku, tapi karena datengnya telat dosenku itu udah keburu rapat. Karena hari itu hari jumat jadi ga tak niatin buat nunggu, langsung balik ke kost aja. Nah waktu mo balik itu, aku ngeliat sesuatu yang berbeda, maklum ja itu gara2 istingku yang kelewat sensitip kalo ngeliat yang make jilbab panjang (bisa ditebak, insting itu datengnya dari mana, hahaha). Aku ngeliat dia di depan ruang 1.1 yang ada di sebelah mushola fakultasku. Awalnya ga ngelirik banget, cuman ada suara yang bicara dalam hatiku (wkekke, sentimentil) “ mirip kaya XYZ”. Nah dari sanalah aku mulai sering ngeliat itu perempuan, yang bikin kerasa aneh tuh “kok baru ngeliat ya, kemana aja aku selama 6 taun jadi mahasiswa teknik sipil?” hahaha, itulah suara hatiku yang dalam.


Selama sisa waktu aku kuliah disana, ya sekitar 5 bulan sebelum aku di wisuda. Aku lumayan sering banget ngeliat itu perempuan, maklum aja aku sering nongkrong didepan ruang jurusan T.sipil, ngantri buat bimbingan. Selama waktu menanti itu, mataku itu ga bisa di ajak diem, jelalatan kemana-mana. Biasanya mataku jelalatan kearah hall kampusku, maklum aja disana itu tempat nongkrong para manusia yang kuliah di fakultas TSP. Dan mataku itu betah banget ngarah kesana, maklum aja disana perempuan itu kadang sering dudu2k didasa, atau kalo ga disitu ya di depan ruang 1.1. Pernah karena sangat suntuknya nungguin dosen ga dateng2 setelah di tunggu 3 jam lebih, apalagi di hall itu aku ngeliat itu perempuan, mataku si lurus aja kearah dia, mubazir ada mahluk Tuhan yang indah kalo dilewatkan begitu saja. Entah karena tuh perempuan udah ngerasa kalo ada yang ngeliatin terus, makanya dia mulai ngeliat2 juga, nah saat itulah pandangan kami ketemu, tapi sayangnya dia langsung nundukin kepala. Duh baru juga sebentar ngeliatnya, hahaha.


Tapi ada satu cerita yang bisa di bilang aku sangat terpesona sekali. Kejadianya itu tanggal 9 juli 2008, sekitar jam setengah 1 siang di depan mushola di gedung fakultasku. Waktu itu aku lagi deg2an banget, maklum sekitar jam 1’an aku mau maju sidang TA’ku. Saking ga tenangnya, aku sholat dulu, insya Allah bisa bikin agak tenangan. Nah waktu abis sholat itu, aku ngeliat itu perempuan keluar dari dalem mushola, Subhanallah indah dan sangat bercahaya sekali, super terpesona lah. Hahahaha. Tapi karena sekarang udah Go Out dari kampus tercinta itu, jadi udah tinggal sejarah. Yang pasti, Insya Allah sapa pun yang bisa jadiin dia makmunya, bisa tenang idupnya. Huhuhu.


Hahaha, kok malah ngomongin itu perempuan ya, dari pada fokus bahas tentang penggunaan itu istilah. Mungkin karena sebagian diriku ini masih sangat terpesona. Tapi gimana juga itu perempuan emang masuk kategori “Islamic Center”. Saking terpesonanya aku ma itu perempuan dan mahluk2 sejenisnya itu, temen kostku yang punya nama Deny juga, nganggep tipe perempuan yang aku suka itu perempuan2 yang make jilbab panjang, padahal aku sendiri ga punya kriteria yang mutlak tentang perempuan kaya apa yang aku suka. Tapi kalo ada yang nyebut aku “Jilbaber Lover’s”, yup masuk lah. Hahaha.


Oy, kemaren aku di telpon ma ibuku (karena sekarang aku lagi ditanah rantau), ibuku bilang kalo calon istriku kelak make jilbab, ga sah panjang2, yang biasa aja katanya. Haha, aku ketawa dengernya, yo pie wong cinta itu datang kadang tanpa diundang, sruntul aja kaya maling. Kalo datangnya cinta bisa tak atur, wah tak jamain aku ga bakalan ngeletakin perasaanku di tempat yang rasanya ga mungkin tak raih, jauh dan jauh. Hahaha, malah curhat.


Nah itulah istilah yang sampe sekarang begitu menggetarkan hati, karena didalemnya ada makna tentang keberadaan yang memesonakan. Wkekeke. Tapi temenku yang namanya Febry itu bilang, “mereka itu memesonakan, tapi kita terlihat tak sungguh realistis saat mengharapkannya”. Saat ditelaah lebih dalem, mungkin juga bener. Kami ini tak sungguh realistis saat mengharapkan perempuan kaya mereka. Wong kami2 ni masih pendosa, Hahaha. Padahal ga cuman perempuan yang kaya gitu, yang mengharapkan calon imamnya itu orang baik. Semua orang mengharapkan apa yang hadir di hidup mereka itu orang baik. ^_^.


Kalo kata best prendku yang namanya Andri

“sebrengsek2nya orang pasti nyari orang baik buat dia nikahin”


Dan tentang makna kata “baik”, karena pastia ada yang protes baca tulisanku ini.^_^

Aku pegang prinsip “bukan dari apa yang dikenakan maka seseorang disebut baik, tapi dari apa yang bisa ia lakukan.” Dan satu lagi “ orang suci takan pernah menyebut dirinya suci”. Hehehe.


Sekian aja penjelasanku tentang mereka yang aku panggil “Islamic Center”

Karena yang sekarang udah ga pernah ngeliat lagi..

Yang tak liat disini cuman mobil2 tok..

Tapi Toyota Fortuner ma Mitsubshi Strada keren, harganya berapa ya?.. Wkekekeke.

Tidak ada komentar: